RPP IPS KELAS VII KD 3.3 dan 4.3 Konsep kebutuhan dan kelangkaan
Rencana
Pelaksaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran
|
:
|
IPS
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/2
|
Topik
|
:
|
Konsep kebutuhan dan kelangkaan (motif, prinsip, dan
tindakan ekonomi)
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
6 x
Pertemuan
|
A.
Kompetensi
Inti :
KI 1 Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4 Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.3.Menganalisis konsep interaksi antara manusia
dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi,
distribusi, konsumsi, penawaran- permintaan) dan interaksi antarruang untuk
keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia.
|
3.3.1
Menjelaskan pengertian kebutuhan
3.3.2Menjelaskan
jenis jenis kebutuhan
3.3.3Menjelaskan
faktor –faktor yang mempengaruhi kebutuhan
3.3.4 Menjelaskan
kelangkaan sumber daya
3.3.4 Menjelaskan tindakan, motif , dan prinsip ekonomi
|
4.3. Menyajikan hasil analisis tentang konsep
interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan
ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan
interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan
budaya Indonesia.
|
4.3.1
Membuat skala prioritas kebutuhan sehari –hari
4.3.2
Membuat laporan mengenai kelangkaan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat menjelaskan
pengertian kebutuhan
·
Siswa dapat menjelaskan jenis jenis kebutuhan
·
Siswa dapat
menjelaskan faktor –faktor yang mempengaruhi kebutuhan
·
Siswa dapat menjelaskan
kelangkaan sumber daya
·
Siswa dapat menjelaskan
tindakan, motif , dan prinsip ekonomi
D.
Materi
Pembelajaran
·
Materi
Konseptual
ü Pengertian kebutuhan
ü Macam – macam kebutuhan
ü Pengertian kelangkaan
·
Materi
Faktual
ü Faktor – faktor yang mempengaruhi kebutuhan
ü Alat pemuas kebutuhan
ü Faktor –faktor penyebab terjadinya kelangkaan
ü Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi
·
Materi
Remidial
ü Usaha –usaha dalam mengatasi kebutuhan
Kebutuhan dan Kelangkaan
Ø Manusia dikenal sebagai makhluk sosial (homo socius) di
dalam kehidupannya. Manusia juga dikenal sebagai makhluk ekonomi yang berati
berusaha memenuhi kebutuhannya. Demi memenuhi kebutuhan hidupnya manusia
melakukan berbagai usaha untuk mendapatkan segala kebutuhan hidup. Kata ekonomi
berasal dari bahasa latin yakni oikonomia. Oikos berarti rumah tangga
sedangkan nomos berati aturan. Sehingga ekonomi berarti aturan rumah
tangga / pengaturan rumah tangga.
Ø Kebutuhan adalah hasrat atau keinginan manusia untuk memiliki dan menikmati kegunaan
barang atau jasa yang dapat memberikan kepuasan bagi jasmani dan rohani demi
kelangsungan hidupnya.
Ø Macam – macam kebutuhan menurut tingkat kepentingannya
ü Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok atau kebutuhan hidup manusia yang
harus dipenuhi. Contohnya kebutuhan sandang , pangan , dan papan
ü Kebutuhan skuder adalah kebutuhan yang masih dapat ditangguhkan
pemenuhannya / kebutuhan yang tidak mendesak pemenuhanya.Contoh kebutuhan
radio, kursi, lemari, dll
ü Kebutuhan tersier adalah kebutuhan terhadap benda –benda mewah (luxurios)
yang bersifat hiburan atau kesenangan belaka. Contohnya mobil mewah, emas, dll
Ø Macam – macam kebutuhan menurut waktunya
ü
Kebutuhan
sekarang adalah kebutuhan
yang harus dipenuhi segera atau tidak dapat ditunda –tunda. Contohnya makanan
untuk orang yang sedang lapar. Obat untuk orang yang sedang sakit.
ü
Kebutuhan
Masa Datang adalah
kebutuhan yang pemenuhannya bisa ditunda sampai waktu yang telah ditentukan.
Contohnya asuransi kesehatan, dan renovasi rumah.
Ø Macam – macam kebutuhan menurut sifatnya
ü
Kebutuhan
jasmani adalah kebutuhan
yang diperlukan untuk memelihara , melindungi, dan membangun jasmani manusia.
Contohnya makanan, olahraga, dll
ü
Kebutuhan
rohani adalah kebutuhan
yang diperlukan untuk menjaga rohani / ental manusia agar berfungsi dengan
baik. Contohnya agama, dan kasih sayang.
Ø Macam – macam kebutuhan menurut subjeknya
ü Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang langsung berhubungan dengan
perseorangan. Contohnya buku, baju, dan makanan
ü Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan bersama yang dirasakan semua orang atau
sekelompokmasyarakat. Contohnya pasar, sekolah, dan jembatan.
Ø Faktor –faktor yang mempengaruhi kebutuhan
ü Faktor ekonomi
ü Faktor lingkungan sosial budaya
ü Faktor fisik
ü Pendidikan
Ø Faktor –faktor penyebab beragamnya kebutuhan manusia
ü
Sifat
manusia yang tidak pernah puas
ü
Adanya
penemuan –penemuan baru
ü
Berubahnya
taraf hidup seseorang
ü
Bertambahnya
penduduk
ü
Majunya
komunikasi
ü
Timbulnya
perubahan dan kebudayaan
Ø Alat pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang secara langsung maupun tidak
langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia. Adapun bentuknya dapat berupa barang
atau jasa. Barang adalah alat pemuas kebutuhan berbentuk benda. Adapun jasa adalah
alat pemuas kebutuhan yang bersifat abstrak tetapi manfaatnya dapat dirasakan
oleh manusia.
Ø Alat pemuas kebutuhan menurut wujudnya
ü
Barang
konkret segala sesuatu
dalam alam yang berwujud serta dapat dilihat dan diraba. Contohnya rumah ,
mobil, dan pakaian
ü
Barang
abstrak barang atau benda
yang tidak dapat dilihat dan diraba tetapi dapat dirasakan manfaatnya oleh
manusia. Contohnya jasa tukang jahit, dan sopir
Ø Alat pemuas kebutuhan menurut kelangkaannya
ü Barang bebas (barang non –ekonomi) yakni barang yang diperoleh tanpa pengorbanan dan
jumlahnya tidak terbatas. Contohnya air dan udara
ü Barang ekonomi adalah barang yang jumlanya terbatas dan untuk
memperolehnya perlu pengorbanan. Contohnya makanan, rumah, dan pakaian
ü Barang illith yaitu barang yang jumlahnya berlebihan dan harus
dikuangi. Contonhya air pada waktu banjir.
Ø Alat pemuas kebutuhan menurut hubungan dengan barang
lainnya
ü Barang penganti (subtitusi) yaitu barang kebutuhan manusia yang dalam pemakaiannya
dapat saling mengganti. Contohnya beras dan jagung
ü Barang pelengkap (komplementer) yaitu barang yang dapat berguna jika digabungkan dengan
barang lain. Contohnya baju dan celana.
Ø Alat pemuas kebutuhan menurut tujuan penggunaanya
ü Barang konsumsi yaitu barang dapat langsung digunakan manusia untuk
memenuhi kebutuhannya. Contohnya pakaian seragam
ü Barang modal yaitu barang yang digunakan untuk menghasilkan barang
lain dalam kegiatan produksi. Contohnya mesin jahit untuk menjahit
Ø Alat pemuas kebutuhan menurut sifatnya
ü Barang bergerak yaitu barang yang dapat dipindahkan tempatnya. Contohnya
buku dan tas
ü Barang tetap (barang tidak bergerak) yaitu barang yang tidak dapat dipindah –pindah tempatnya.
Contohnya tanah, pabrik, dan sekolah.
Ø
Kelangkaan adalah suatu keadaan yang menunjukkan bahwa barang /jasa
yang dibutuhkan tidak tersedia, atau jumlahnya sedikit dari dibutuhkan atau
cukup sukar untuk mendapatkannya.
Ø Faktor –faktor penyebab kelangkaan
ü
Jumlahnya
terbatas
ü
Sulit
untuk memperoleh sumber daya
ü
Banyak
yang membutuhkan
ü
Faktor
geografis penyebaran sumber daya
Ø
Usaha
–usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan sumber daya
ü
Skala
prioritas kebutuhan
ü
Berlaku
arif dan bijaksana dalam menggunakan sumber daya
Ø Tindakan ekonomi adalah tindakan manusia untuk memperoleh kebutuhan dengan
jalan menetapkan pilihan setepat –tepatnya.
ü
Tindakan
ekonomi rasional adalah setiap tindakan
ü
Tindakan
ekonomi irasional adalah setiap
tindakan menurut perkiraan akan menguntungkan tetapi kenyataannya tidak
menguntungkan.
Ø Motif
ekonomi adalah dorongan manusia untuk melakukan tindakan
ekonomi. Motif manusia untuk memenuhi kebutuhannya dibedakan menjadi:
ü Motif
intrinsik adalah keinginan memperoleh barang atau jasa karena
dorongan dari kesadaran sendiri. Misalnya: orang minum karena haus.
ü Motif
ekstrinsik adalah keinginan memperoleh barang dan jasa karena
pengaruh dari pihak luar. Misalnya: Joss dibelikan sepeda ayahnya karena
temannya ke sekolah naik sepeda.
Ø Motif
non-ekonomi adalah keinginan yang mendorong manusia untuk melakukan
tindakan, tanpa mempertimbangkan secara ekonomi.
Ø Macam-macam
motif ekonomi
ü Motif memenuhi kebutuhan
hidup dan meningkatkan kemakmuran
Motif untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya ini timbul dari diri manusia sendiri. Motif ini merupakan
hal yang paling wajar bagi setiap orang, karena pemenuhan kebutuhan harus
dilakukan untuk dapat hidup dengan
layak. Misalnya: orang membeli beras untuk kebutuhan makan.
ü Motif
mencari keuntungan
Motif yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Motif ini umunya
dimiliki oleh para pedagang atau produsen.Misalnya:
seorang pedagang yang menyediakan
barang daganganya dengan baik dan rapi agar enak dilihat, melayani pembeli
dengan ramah dan sopan sehingga konsumen tertarik untuk membelinya. Usaha yang dilakukan
pedagang itu karena dorongan untuk memperoleh keuntungan dari barang yang
dijualnya.
ü Motif
mendapatkan kekuasaan ekonomi
Motif yang mendorong seseorang untuk mendapat kekuasaan dalam bidang
ekonomi.Motif
ini umumnya dilakukan oleh
pedagang besar. Misalnya: para pedagang besar ingin memperoleh
kekuasaan di bidang ekonomi, maka yang dilakukannya yaitu membeli barang untuk
dijual kembali dalam jumlah yang besar. Selain itu dengan membeli atau menyewa
beberapa tempat untuk memasarkan barang dagangannyaatau memperluas usahanya
sampai ke daerah-daerah.
ü Motif
untuk memperoleh penghargaan
Motif
yang mendorong seseorang untuk memperoleh penghargaan, baik penghargaan karena
keahliannya maupun karena jasanya. Misalnya: seorang dokter mengabdi untuk
mendapatkan penghargaan baik berupa uang, pujian, maupun kenaikan pangkat.
Ø Macam-macam motif
non-ekonomi
ü Motif ingin berbuat
sosial
Motif yang mendorong
seseorang untukberbuat kebaikan kepada sesamamanusia. Motif ini muncul karena
adanya ingin membantu, meringankan atau menolong orang lain yang membutuhkan bantuan.
Misalnya menyantuni anak yatim piatu, menyumbangkan barang, uang atau tenaga
kepada bencana alam, menyisihkan sebagian tabungan untuk membantu sesama teman
yang tidak bersekolah karena tidak mampu membayar biaya sekolah.
ü Motif kebutuhan
estetika
Motif yang
dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan keindahan. Misalnya:
keinginan untuk memiliki mobil antik.
ü Motif kebutuhan
pengetahuan
Motif yang
dilakukan untuk memenuhi keinginan manusia tentang segala sesuatu dengan
mempelajari ilmu pengetahuan. Misalnya: orang yang mempelajari ilmu umum maupun
ilmu agama.
ü Motif kebutuhan
keamanan
Motif
untuk memenuhi keinginan akan keamanan, yakni supaya tidak ada gangguan, kriminal,
dan yang membahayakan diri dalam mencapai tujuan hidup. Misalnya: menaati
peraturan, sopan santun dalam pergaulan.
Ø Prinsip
ekonomi dapat diartikan yaitu dengan
pengorbanan yang sekecil-sekecilnya untuk mendapatkan hasil yang
sebesar-besarnya. Dengan kata lain berusaha dengan alat yang seadanya untuk
memperoleh hasil yang maksimal.
Ø Tujuan
melakukan tindakan berdasarkan prinsip ekonomi, yaitu:
ü Mendapatkan
keuntungan yang semaksimal mungkin.
ü Mengurangi
konsumsi agar tidak boros.
ü Mempergunakan
kemampuan dan modal yang dimilikinya.
ü Memperkecil
kerugian dari akibat kesalahan-kesalahan tertentu.
Ø Macam-macam
prinsip ekonomi
a. Prinsip ekonomi konsumen; Yaitu
pengorbanan konsumen dalam memperoleh barang dan jasa hingga maksimal.
- Prinsip
ekonomi konsumen misalnya:
1. Memilih
barang-barang yang akan dibeli dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan
yang utama dan terpenting.
2. Menentukan
barang yang bermutu yang disesuaikan dengan kemampuan daya beli kita.
- Contoh
tindakan konsumen yang berdasarkan prinsip ekonomi, diantaranya:
a)
Mengadakan tawar-menawar dan memilih
sebelum membeli barang.
b)
Membuat skala prioritas kebutuhan.
c)
Memerhatikan perbandingan manfaat dan
nilai yang akan diperoleh dengan biaya yang akan dikeluarkan.
d)
Dapat mengendalikan pengeluaran dengan
memerhatikan pendapatan kita.
e)
Membeli barang sesuai dengan perencanaan
kita.
f)
Berusaha untuk mencari tambahan
penghasilan.
b.
Prinsip ekonomi produsen;
Yaitu cara menekan biaya produksi untuk menghasilkan barang produksi sesuai
yang diharapkan.
- Contoh
tindakan produsen yang berdasarkan prinsip ekonomi, diantaranya:
a)
Menggunakan bahan mentah berkualitas
tinggi dengan harga yang murah.
b)
Memilih dan menetapkan barang-barang
yang akan diproduksi.
c)
Menetapkan jumlah tenaga kerja dan
alat-alat produksi agar biaya produksi dapat ditekan serendah-rendahnya.
c.
Prinsip ekonomi distributor/pedagang;
Yaitu dengan modal tertentu untuk mendapatkan barang yang berkualitas sehingga
dapat dijual kembali dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
- Contoh
tindakan pedagang yang berdasarkan prinsip ekonomi, diantaranya:
a)
Penjual harus melakukan pemilihan terhadap
barang yang akan dijualnya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan barang yang
baik untuk dijual kembali dengan cepat dengan harga yang menguntungkan.
b)
Menyediakan barang dan jasa yang paling
disukai pemakai/konsumen dengan harga bersaing dan bermutu serta hasil
penjualannya pun menguntungkan.
c)
Menyesuaikan alat angkut dengan
karakteristik barang.
d)
Membeli barang secara langsung dari
produsen sehingga harganya lebih murah dan keuntungan yang diperoleh lebih
maksimal.
Ø Ciri-ciri
orang yang menerapkan prinsip ekonomi
ü Bertindak
rasional; Artinya seseorang dalam melakukan kegiatan/tindakan selalu
menggunakan akal sehat bukan berdasarkan emosi dan hawa nafsunya.
ü Bertindak
ekonomis; Artinya seseorang dalam melakukan tindakan ekonomi menggunakan
perhitungan-perhitungan yang cermat dan perencanaan yang matang.
ü Bertindak
hemat; Artinya seseorang dalam melakukan tindakan ekonomi selalu menghindari
pemborosan dengan membeli kebutuhan/barang-barang yang memang benar-benar
dibutuhkan.
ü Membuat
skala prioritas; Artinya seseorang dalam memenuhi kebutuhannya membuat urutan
pemenuhan kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingan, dimulai dari pemenuhan
kebutuhan yang paling mendesak sampai kebutuhan yang bisa ditangguhkan
pemenuhannya.
ü Bertindak
dengan prinsip cost and benefit; Artinya seseorang dalam melakukan kegiatan
selalu memperhitungkan biaya yang dikeluarkan dan manfaat yang diterima dari
kegiatan yang dilakukannya.
Ø Manfaat
penggunaan prinsip ekonomi
ü Mengoptimalkan
sumber daya yang ada sehingga dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.
ü Bekerja
hemat, cepat, dan tepat sehingga memperkecil resiko kerugian atau kerusakan.
ü Mencapai
tujuan dengan tepat waktu dan berhasil sehingga dapat mencapai tingkat
kemakmuran yang diinginkan.
ü Mencapai
hasil kerja yang terjamin mutunya sehingga memenuhi tingkat kepuasan dari
pelaku ekonomi.
ü Hidup
lebih maju dalam persaingan yang sehat.
E.
Metode
Pembelajaran
·
Model Saintifik (5M)
·
Model Pembelajaran : Discovery learning
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke -1
Kegiatan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan psikis dan fisik dengan membuka
pelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b. Memeriksa kerapihan, kebersihan kelas dan absensi
c. Motivasi: Mengajak siswa untuk melakukan
senam jari
d. Apersepsi: Guru menunjukan gambar makan
bersama keluarga
![]()
Guru bertanya kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari (pree
test)
misalnya mengapa manusia membuthkan makanan dan
minuman ?
e. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai
selama
pembelajaran dan manfaat materi
pembelajaran bagi kehidupan
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati
gambar macam –macam kebutuhan
sehari –hari. (Literasi
Visual)
![]() ![]() ![]()
Menanya
·
Peserta didik memberikan komentar terhadap isi dari gambar yang disajikan
guru.( Critical Thinking ).
·
Peserta didik di bagi menjadi 5
kelompok.Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
·
Setiap kelompok diberi tugas menjelaskan jenis –
jenis kebutuhan sehari –hari sebagai seorang siswa dan mengelompokkan sesuai
dengan jenisnya.
Mengumpulkan
data/informasi
·
Peserta didik membaca buku siswa buku/
referensi lain yang relevan dengan materi
interaksi sosial.(Literaksi)
·
Peserta didik menelaah tentang macam –macam kebutuhan. (Critical
Thinking )
·
Peserta didik malaksanakan diskusi kelompok kecil dengan
bimbingan guru. (Critical Thinking dan Collaboration)
Mengasosiasi
· Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang macam –macam
kebutuhan pada lembar LKS yang
telah disediakan (
Critical Thinking dan Comunication).
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempersentasikan hasil simpulan mengenai materi
macam –macam kebutuhan. (Comunication).
|
60 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan:
Peserta didik membuat kesimpulan dan guru memberikan penguatan.
Evaluasi (post test)
Refleksi :
Peserta didik diminta
menuliskan apa yang sudah dipelajari hari ini pada kertas pos it yang
disiapkan guru.
Peserta
didik diberi tugas membuat skala
prioritas kebutuhan sehari -hari
Salam
penutup/doa.
|
10
menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan psikis dan fisik dengan membuka
pelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b. Memeriksa kerapihan, kebersihan kelas dan absensi
c. Motivasi: Mengajak siswa untuk melakukan
senam jari
· Apersepsi: Guru bertanya
kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari (pree test) misalnya bertanya kepada siswa A dan B mengenai
kebuthannya.
· Menginformasikan tujuan yang akan dicapai
selama
pembelajaran dan manfaat materi
pembelajaran bagi kehidupan
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati
gambar mengenai fenomena sepeda
motor CBR. (Literasi
Visual)
![]()
Menanya
·
Peserta didik memberikan komentar terhadap isi dari gambar yang disajikan
guru.( Critical Thinking ).
·
Peserta didik di bagi menjadi 5
kelompok.Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
·
Setiap kelompok diberi tugas untuk menjelaskan
faktor –faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia dan faktor – faktor
penyebab beragamnya kebutuhan manusia.
Mengumpulkan
data/informasi
·
Peserta didik membaca buku siswa buku/
referensi lain yang relevan dengan materi
interaksi sosial.(Literaksi)
·
Peserta didik menelaah tentang faktor
–faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. (Critical
Thinking )
·
Peserta didik malaksanakan diskusi kelompok kecil dengan
bimbingan guru. (Critical Thinking dan Collaboration)
Mengasosiasi
· Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang faktor
–faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia pada lembar LKS yang telah disediakan ( Critical Thinking dan Comunication).
|
60 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan:
Peserta didik membuat kesimpulan dan guru memberikan penguatan.
Evaluasi (post test)
Refleksi :
Peserta didik diminta
menuliskan apa yang sudah dipelajari hari ini pada kertas pos it yang
disiapkan guru.
Peserta
didik diberi tugas membuat skala
prioritas kebutuhan sehari -hari
Salam
penutup/doa.
|
10
menit
|
Pertemuan ke 3
Kegiatan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan psikis dan fisik dengan membuka
pelajaran
dengan
mengucapkan salam dan
berdoa bersama
(Religius)
b. Memotivasi: Mengajak siswa untuk melakukan
senam jari
c. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama
pembelajaran dan manfaat materi
pembelajaran bagi kehidupan.
|
5 menit
|
Inti
|
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempersentasikan hasil diskusi
kelompok mengenai faktor –faktor yang mempengaruhi kebutuhan
manusia dan faktor – faktor penyebab beragamnya kebutuhan manusia. (Comunication).
Mengamati
·
Peserta didik mengamati
hasil persentasi mengenai faktor –faktor yang
mempengaruhi kebutuhan manusia dan faktor – faktor penyebab beragamnya
kebutuhan manusia. (Literasi
Visual)
Menanya
·
Peserta didik memberikan
komentar terhadap isi dari hasil kelompok
mengenai faktor
–faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia dan faktor – faktor penyebab
beragamnya kebutuhan manusia. ( Critical Thinking ).
|
10 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan:
·
Peserta didik membuat
kesimpulan dan guru memberikan penguatan.
Evaluasi (post test)
Refleksi :
·
Peserta didik diminta
menuliskan apa yang sudah dipelajari hari ini pada kertas pos it yang
disiapkan guru.
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membuat
fortofolio mengenai fenomena kebutuhan yang terjadi saat ini
Salam
penutup/doa.
|
10
menit
|
Pertemuan ke 4
Kegiatan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan psikis dan fisik dengan membuka
pelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b. Memeriksa kerapihan, kebersihan kelas dan absensi
c. Motivasi: Mengajak siswa untuk melakukan
“senam jari”
d. Apersepsi: Guru bertanya
kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari (pree test) misalnya bagaimana cara kalian mengatasi rasa
lapar ?
e. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai
selama
pembelajaran dan manfaat materi
pembelajaran bagi kehidupan
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati
video mengenai alat pemuas
kebutuhan. (Literasi
Visual)
Menanya
·
Peserta didik memberikan komentar terhadap isi dari video yang ditayangkan
oleh guru.( Critical Thinking ).
·
Peserta didik di bagi menjadi 5 kelompok.Setiap
kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
·
Setiap kelompok diberi tugas untuk mengolongkan
jenis –jenis kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan sehari –hari
Mengumpulkan
data/informasi
·
Peserta didik membaca buku siswa buku/
referensi lain yang relevan dengan materi
interaksi sosial.(Literaksi)
·
Peserta didik menelaah tentang alat pemuas kebutuhan. (Critical
Thinking )
·
Peserta didik malaksanakan diskusi kelompok kecil
dengan bimbingan guru. (Critical Thinking dan Collaboration)
Mengasosiasi
· Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang alat pemuas
kebutuhan pada lembar LKS yang
telah disediakan (
Critical Thinking dan Comunication).
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempersentasikan hasil simpulan mengenai materi
macam –macam kebutuhan. (Comunication).
|
60 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan:
Peserta didik membuat kesimpulan dan guru memberikan penguatan.
Evaluasi (post test)
Refleksi :
Peserta didik diminta
menuliskan apa yang sudah dipelajari hari ini pada kertas pos it yang disiapkan
guru.
Peserta
didik diberi tugas untuk membuat
portofolio fenomena kelangkaan
Salam
penutup/doa.
|
10
menit
|
Pertemuan ke 5
Kegiatan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan psikis dan fisik dengan membuka
pelajaran
dengan
mengucapkan salam dan berdoa bersama
b. Memeriksa kerapihan, kebersihan kelas dan absensi
c. Motivasi: Mengajak siswa untuk melakukan
“senam jari”
· Apersepsi: Guru bertanya
kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari (pree test) misalnya mengapa kita harus menghemat air bersih
?
·
Menginformasikan
tujuan yang akan dicapai selama
pembelajaran dan manfaat materi
pembelajaran bagi kehidupan
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati
video mengenai fenomena
kelangkaan air bersih di Indonesia . (Literasi
Visual)
Menanya
·
Peserta didik memberikan komentar terhadap isi dari video yang ditayangkan
oleh guru.( Critical Thinking ).
·
Peserta didik di bagi menjadi 5
kelompok.Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
·
Setiap kelompok diberi tugas untuk faktor –faktor
penyebab terjadinya kelangkaan sumber daya dan bagaimana cara kita mengatasi
kelangkaan sumber daya
Mengumpulkan
data/informasi
·
Peserta didik membaca buku siswa buku/
referensi lain yang relevan dengan materi
interaksi sosial.(Literaksi)
·
Peserta didik menelaah tentang kelangkaan sumber daya . (Critical
Thinking )
·
Peserta didik malaksanakan diskusi kelompok kecil
dengan bimbingan guru. (Critical Thinking dan Collaboration)
Mengasosiasi
· Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang kelangkaan sumber daya pada lembar LKS yang telah disediakan ( Critical Thinking dan Comunication).
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempersentasikan hasil simpulan mengenai
kelangkaan sumber daya. (Comunication).
|
60 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan:
Peserta didik membuat kesimpulan dan guru memberikan penguatan.
Evaluasi (post test)
Refleksi :
Peserta didik diminta
menuliskan apa yang sudah dipelajari hari ini pada kertas pos it yang
disiapkan guru.
Peserta
didik diberi tugas untuk
mempelajari materi selanjutnya tindakan, motif, dan prinsip ekonomi
Salam
penutup/doa.
|
10
menit
|
Pertemuan ke 6
Kegiatan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan psikis dan fisik dengan membuka
pelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b. Memeriksa kerapihan, kebersihan kelas dan absensi
c. Motivasi: Mengajak siswa untuk melakukan
“senam jari”
· Apersepsi: Guru bertanya
kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari (pree test) misalnya apa tujuan dari kegiatan ekonomi ?
·
Menginformasikan
tujuan yang akan dicapai selama
pembelajaran dan manfaat materi
pembelajaran bagi kehidupan
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati
gambar pasar. (Literasi Visual)
![]()
Menanya
·
Peserta didik memberikan komentar terhadap isi dari gambar yang disajikan
oleh guru.( Critical Thinking ).
·
Peserta didik di bagi menjadi 5
kelompok.Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
·
Setiap kelompok diberi tugas untuk menjelaskan
tindakan, motif, dan prinsip ekonomi.
Mengumpulkan
data/informasi
·
Peserta didik membaca buku siswa buku/
referensi lain yang relevan dengan materi
interaksi sosial.(Literaksi)
·
Peserta didik menelaah tentang tindakan,
motif, dan prinsip ekonomi. (Critical Thinking )
·
Peserta didik malaksanakan diskusi kelompok kecil
dengan bimbingan guru. (Critical Thinking dan Collaboration)
Mengasosiasi
· Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang tindakan,
motif, dan prinsip ekonomi.pada lembar LKS yang telah
disediakan (
Critical Thinking dan Comunication).
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempersentasikan hasil simpulan mengenai tindakan,
motif, dan prinsip ekonomi. (Comunication).
|
60 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan:
Peserta didik membuat kesimpulan dan guru memberikan penguatan.
Evaluasi (post test)
Refleksi :
Peserta didik diminta
menuliskan apa yang sudah dipelajari hari ini pada kertas pos it yang
disiapkan guru.
Peserta
didik diberi tugas untuk
mempelajari materi selanjutnya kegiatan ekonomi
Salam
penutup/doa.
|
10
menit
|
F. Media, Alat dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media Pembelajaran
·
Gambar macam –macam kebutuhan
sehari –hari
·
Gambar pasar
· Video
alat pemuas kebutuhan
· Video fenomena kelangkaan air bersih di Indonesia
2.
Alat dan Bahan Pembelajaran
·
Laptop, LCD Projector, dan speeker indoor, peta dasar, spidol warna hijau
3.
Sumber Pembelajaran
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs
Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (hal 125-129)
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku
Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(hal 125-129)
G.
Penilaian,
Pembelajaran Remidial, dan Pengayaan
1. Penilaian
·
Kompetensi
Sikap Spiritual
a) Teknik
Penilaian : Observasi/jurnal
b) Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi/Jurnal
Jurnal
Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah : .........................
Kelas/Semester : VII/Semester 2
Tahun
pelajaran : 2018/2019

b. Kompetensi Sikap
Sosial
a. Teknik
Penilaian : Observasi/jurnal
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi/Jurnal
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : .........................
Kelas/Semester : VII/Semester 2
Tahun pelajaran
: 2018/2019

c. Kompetensi Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes tulis
b.
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
c. Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Jumlah Butir Soal
|
No. Butir Soal
|
1
2
3
|
Jelaskan letak geografis negara Inonesia
Garis yang memisahkan flora tengah dan timur adalah garis
Jelaskan terjadinya musim kemarau di Indonesia
|
1
1
1
|
1
1
1
|
d. Kompetensi Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Produk
b.
Bentuk Instrumen : Rubrik Penilian
Produk
c. Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
||||||||||||||
1
|
Membuat skala
prioritas kebutuhan
|
1
|
||||||||||||||
d. Instrumen
Buatlah
skala prioritas kebutuhan
!
Kunci Jawaban dan Rubrik
Penskoran Kompetensi Keterampilan
Rubrik Penskoran
|
||||||||||||||||
Mengetahui
Kepala Sekolah,
|
Sidoarjo, 2 September
2018
Guru Mata Pelajaran
|
Komentar
Posting Komentar