RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII KD 3.1 dan 4.1 Teks Deskripsi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.1 dan KD 4.1

Nama Sekolah    : SMP Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   : VII/1
Alokasi Waktu   : 10 JP


A. Tujuan Pembelajaran
     Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.      Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
4.      Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
5.      Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
6.      Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
7.      Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
8.     Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan


B.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.






C.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3. 1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca

3.1.1  Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2  Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3 Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.

4.1  Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
4.1.1  Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2  Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi





D.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Materi Fakta


PESONA TARI PIRING
Tari Piring adalah tarian yang berasal dari Solok, Sumatera Barat. Tari ini pada awalnya merupakan ritual ucapan rasa syukur kepada dewa-dewa setelah panen raya. Tetapi setelah masuknya agama Islam, Tari Piring sebagai sarana hiburan pada acara-acara tertentu.

Penari Piring berjumlah ganjil. Tarian ini diiringi oleh alat musik Talempong dan Saluang. Talempong adalah alat musik pukul tradisional Minangkabau yang terdiri dari beberapa gong kecil yang memiliki ukuran dan nada yang berbeda. Sedangkan saluang adalah alat musik tiup tradisional Minangkabau yang terbuat dari bambu atau talang. 

Media utama dari tarian ini adalah piring. Selain piring, penari juga mengenakan cincin yang digunakan untuk mengeluarkan irama ketika didentingkan dengan piring. Ketika menari, penari mengayunkan piring dengan gerakan yang cepat sesuai dengan irama yang dimainkan oleh talempong dan saluang. Pada akhir tarian, piring akan dilemparkan ke udara hingga pecah, dan kemudian penari menari di atas pecahan piring tersebut. 

Sumber: Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/1000650#readmore



Materi konsep
Pengertian Teks Deskripsi
Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Tujuan teks berbeda dengan teks negosiasi, dimana tujuan teks deskripsi sangat jelas yaitu agar orang yang membaca teks ini seolah-olah sedang merasakan langsung apa yang sedang di jelaskan dalam teks tersebut.

Ciri-ciri Teks Deskripsi
Ciri-ciri yang dimiliki teks ini sangat jelas sehingga akan sangat mudah membedakan teks ini dengan teks lainnya.
Berikut ini ciri-cirinya:
·         Paragraf deskripsi menggambarkan sesuatu.
·         Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
·         Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
·         Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.

Struktur Teks Deskripsi
 










Kata Benda
Kata benda dasar adalah suatu kata yang menunjukkan identitas asli atau nyata dari suatu objek (benda) yang tidak dapat dijabarkan atau diuraikan lagi ke bentuk yang lain. Contoh kata benda (nomina) adalah antara lain sebagai berikut :
a. Lemari
b. Radio
c. Televisi

Bentukan Kata Benda
Kata benda turunan adalah suatu kata yang terbentuk berdasarkan dari proses pengimbuhan (afiksasi), baik itu dengan kata maupun afiks. Adapun proses pembentukan dari kata benda turunan yakni terdiri dari beberapa bentuk seperti antara lain sebagai berikut :

Contoh verba + an adalah misalnya seperti : a. Minum + an = Minuman, Cuci + an = Cucian, . Makan + an = Makanan, Jual + an = Jualan.
Contoh (pe-) + verba adalah misalnya seperti : a. pe + kerja = Pekerja. b. pe + dagang = Pedagang. c. pe + laut = Pelaut. d. pe + tambak = Petambak.

Contoh (pe-) + adjektiva adalah misalnya seperti : a. pe + marah = Pemarah. b. pe + malu = Pemalu. c. pe + dusta = Pendusta.

Contoh (pe-) + nomina + (an-) adalah misalnya seperti : a. pe + rumah + an = Perumahan. b. pe + kantor + an = Perkantoran. c. pe + gunung + an = Pegunungan.

Ciri-ciri Kata Benda
Dapat diperluas dengan kata penghubung “yang” dan diikuti dengan "kata sifat". Contohnya misalkan seperti : a. Sepeda yang cantik. b. Mobil yang besar. c. Air yang dingin. d. Kunci yang kecil. e. Buku yang mahal.

Dapat di ingkarkan dengan kata bukan. Contohnya misalkan seperti : a. Bukan saya. b. Bukan kursi. c. Bukan meja. d. Bukan rumah. e. Bukan gedung. f. Bukan komputer.

Menduduki suatu jabatan pada kalimat sebagai subjek (S) dan objek (O). Contohnya misalkan seperti : a. Aisyah membeli sayur bening. b. Aisyah membeli bubur kacang hijau.

Materi Prosedur



2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Pengertian teks deskripsi
·         Jenis teks deskripsi
·         Tujuan komunikasi teks deskripsi
·         Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·         Memetakan pengembangan isi
·         Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·         Praktik menentukan pola pengembangan isi teks

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Pengertian teks deskripsi
·         Jenis teks deskripsi
·         Tujuan komunikasi teks deskripsi
·         Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·         Memetakan pengembangan isi
·         Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·         Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
·         Sikap utama yang ditumbuhkan: peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                             : Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran               : Discovery Learning

E. Media Pembelajaran
1.      LCD Proyektor
2.      Laptop
3.      Bahan tayang
4.      Teks Deskripsi
5.      Kata Benda dan Kata Sifat
F. Sumber Belajar
1.      Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.
2.      Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.
3.      Ekawati, Devitta. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Yudhistira.
4.      Modul/Bahan Ajar
5.      Internet,
6.      Sumber buku perpustakaan

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
LANGKAH
PEMBELAJARAN
DURASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
·         Melakukan Pembukaan dengan salam pembuka dan doa untuk memulai pembelajaran.
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan diterima hari ini
·         Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menentukan ciri isi dan tujuan teks deskripsi
2.      Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·         Mengajukan Pertanyaan
Pemberian Acuan:
·         Memberikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
·         Pembagian Kelompok belajar
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati:
·         Peserta didik mengamati teks deskripsi berjudul “Perahu Lesung Suku Asmat”
·         Peserta didik mengamati teks deskripsi berjudul “Monumen Nasional”
·         Peserta didik membaca teks deskripsi tersebut
·         Peserta didik membaca cara mengidentifikasi objek, tujuan, isi teks deksripsi
Menanya:
·         Peserta didik mendapat stimulus agar dapat mengajukan pertanyaan tentang: Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
Mengumpulkan data:
·         Peserta didik diminta untuk mengumpulkan data informasi tentang mengidentifikasi ciri objek tujuan dan isi teks “Perahu Lesung Suku Asmat” dan “Monumen Nasional”
·         Peserta didik diminta untuk membuat daftar hal yang dideskripsikan dari teks “Perahu Lesung Suku Asmat” dan “Monumen Nasional”
·         Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok tentang ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks deskripsi
·         Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok tentang ciri objek yang dideskripsikan
·         Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok Tentang tujuan menciptakan teks deskripsi
·         Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri isi teks deskripsi

Mengasosiasikan:
·         Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis.
·         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas tentang: Mengidentifikasi, ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi teks “Perahu Lesung Suku Asmat” dan “Monumen Nasional”
·         Menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi “  dan “Monumen Nasional”
·         Menjawab pertanyaan untuk penilaian pengetahuan tentang ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi

60 Menit
Penutup
·         Menyimpulkan tentang ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi
·         Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
·         Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
10 Menit




LANGKAH
PEMBELAJARAN
DURASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
·         Melakukan Pembukaan dengan salam pembuka dan doa untuk memulai pembelajaran.
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan diterima hari ini
·         Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat:
3.      Menentukan ciri isi dan tujuan teks deskripsi
4.      Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·         Mengajukan Pertanyaan
Pemberian Acuan:
·         Memberikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
·         Pembagian Kelompok belajar
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati:
·         Peserta didik mengamati teks deskripsi berjudul “Perahu Lesung Suku Asmat”
·         Peserta didik mengamati teks deskripsi berjudul “Monumen Nasional”
·         Peserta didik membaca teks deskripsi tersebut
·         Peserta didik membaca cara mengidentifikasi objek, tujuan, isi teks deksripsi
Menanya:
·         Peserta didik mendapat stimulus agar dapat mengajukan pertanyaan tentang: Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
Mengumpulkan data:
·         Peserta didik diminta untuk mengumpulkan data informasi tentang mengidentifikasi ciri objek tujuan dan isi teks “Perahu Lesung Suku Asmat” dan “Monumen Nasional”
·         Peserta didik diminta untuk membuat daftar hal yang dideskripsikan dari teks “Perahu Lesung Suku Asmat” dan “Monumen Nasional”
·         Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok tentang ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks deskripsi
·         Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok tentang ciri objek yang dideskripsikan
·         Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok Tentang tujuan menciptakan teks deskripsi
·         Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri isi teks deskripsi

Mengasosiasikan:
·         Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis.
·         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas tentang: Mengidentifikasi, ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi teks “Perahu Lesung Suku Asmat” dan “Monumen Nasional”
·         Menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi “  dan “Monumen Nasional”
·         Menjawab pertanyaan untuk penilaian pengetahuan tentang ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi

60 Menit
Penutup
·         Menyimpulkan tentang ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi
·         Membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
·         Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
10 Menit






LANGKAH
PEMBELAJARAN
DURASI WAKTU
Pendahuluan
Orientasi:
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
Apersepsi:
  • Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalamanpeserta didik dengan tema sebelumnya yaitu:
1.      Menentukan ciri isi dan tujuan teks deskripsi
2.      Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks
Pemberian Acuan:
·        Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu
  • Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, danKKM pada pertemuan yang berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti
Mengamati:
  • Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengongkritkan suatu objek
  • Peserta didik diminta untuk mengamati tentang ciri-ciri kata nomina dalam teks deskripsi
  • Peserta didik diminta untuk mengamati tentang ciri-ciri kata adjektiva dalam teks deskripsi
Menanya:
  • Peserta didik diberi stimulus untuk mengajukan pertanyaan tentang: mengidentifikasi teks deskripsi dan penggunaan kaidah ciri penggunaan bahasa pada teks deskripsi.
Misalnya: sebutkan ciri-ciri teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa?
Mengumpulkan Data:
  • Peserta didik diminta mengumpulkan data informasi tentang mengidentifikasi jenis teks deskripsi
  • Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang
  • Peserta didik diminta membuat daftar kalimat perincian yang menjelaskan kalimat lain yang lebih umum






Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, mengabsen siswa dan perkenalan.
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran ketika di SD dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya teks deskripsi dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
  • Dibuka dengan contoh teks deskripsi yang berupa nyanyian deskripsi (Rayuan Pulau Kelapa).
  • Bertanya jawab tentang kata kunci pada lagu dan hubungannya dengan teks deskripsi.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2

2.  Kegiatan Inti
Bagian A dan B KD 3.1 dan 4.1
Pertemuan Pertama (6 JP)
  • Membaca berbagai contoh teks deskripsi
  • Menanya tentang ciri teks deskripsi dan jenis teks deskripsi
  • Menggali informasi
  • Mendaftar informasi terkait ciri tujuan, kebahasaan, dan jenis teks
  • Membaca berbagai teori dari berbagai sumber termasuk pada buku siswa
  • Menalar
  • Mendiskusikan ciri umum teks deskripsi
  • Menyimpulkan ciri teks deskripsi dan jenis teks
  • Mengomunikasikan
  • Mempresentasikan hasil diskusi
Pertemuan kedua ( 4 JP)
  • Mengamati judul teks
  • Menanya apa saja isi teks dan bagaimana cara memahami
  • Menggali informasi
·         Membaca beberapa teks deskripsi
  • Menalar
·         Mendiskusikan isi teks
·         Memetakan isi teks
·         Membandingkan isi beberapa teks
·         Menyimpulkan cara memahami isi teks
  • Mengomunikasikan
·         Menyajikan hasil pemahaman isi teks dan cara memahami isi teks
3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
  • Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  • Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
  • Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis
Bentuk            :  Pilihan ganda
Indikator Soal :
Disajikan teks deskripsi Ayah, Panutanku
Lingkarilah pada jawaban yang tepat!
          1.      Objek teks deskripsi bersifat … dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya.
a.       umum     b. khusus             c. pribadi              d. luas

           2.      Objek/Hal yang Dideskripsikan dalam teks tersebut adalah ….
a.       nama ayahku                                             c. sifat ayahku
b.      kehidupan ayah yang mengerikan             d. sosok ayahku
           3.      Rincian teks “Ayah, Panutanku” adalah
a.       ciri fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladan
b.      nama, wajahnya, orang Batak
c.       rambutnya, dagunya, jenggotnya
d.      sabar, tidak pernah membentak, sangat pendiam
4.      Hal yang menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis, merupakan … dari
a.       manfaat teks deskripsi                              c. objek teks deskripsi
b.      tujuan teks deskripsi                                 d. isi teks deskripsi
            5.      Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal, merupakan ciri ….
a.       manfaat teks deskripsi                              c. objek teks deskripsi
b.      tujuan teks deskripsi                                 d. isi teks deskripsi
        6.      Teks yang diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek, menggambarkan secara konkret,  dan bersifat personal dengan kandungan emosi merupakan ….
a.       manfaat teks deskripsi                              c. objek teks deskripsi
b.      tujuan teks deskripsi                                 d. isi teks deskripsi
        7.      Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi … dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain.
a.       berdiri sendiri sebagai teks                        c. berupa kalimat        
b.      berupa paragraph                                       d. berupa buku
8.      Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Kalimat tersebut …
a.        seakan dapat dilihat                                  c. seakan dapat dirasakan
b.       seakan dapat didengar                              d. seakan dapat diraba
         9.      Teks deskripsi menggunakan majas untuk menggambarkan/ melukiskan objek. Kalimat berikut yang bermajas adalah ….
a.       Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun.
b.      Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar.
c.       Beliau selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya.
d.      Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.
          10.  Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa, kecuali ….
a.       Menggunakan kata-kata umum                 c. Menggunakan kata sinonim
b.      Menggunakan kalimat rincian                   d. Menggunakan majas


2.  Penilaian Keterampilan
Teknik             : Produk
Instrumen        :
      Tugas
·   Memetakan pengembangan isi
·   Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
·   Praktik menentukan pola pengembangan isi teks

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  PembelajaranPengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.




F.  Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat       : buku, infokus
Bahan              : teks deskripsi
Sumber Belajar:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 1 s.d 12.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 33 s.d 39.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII KD 3.4 dan 4.4 Teks Cerita Fantasi

RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII KD 3.3 dan 4.3 Teks Cerita Fantasi