RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII KD 3.1 dan 4.1 Teks Deskripsi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
KD 3.1 dan KD 4.1
Nama
Sekolah : SMP Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VII/1
Alokasi
Waktu : 10 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menentukan ciri umum
teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang
dibaca/didengar.
2.
Menentukan ciri teks
deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.
Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
4.
Merinci bagian-bagian
struktur teks deskripsi
5.
Menentukan bagian
identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
6.
Menentukan variasi
pola pengembangan teks deskripsi
7.
Menelaah bagian
struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
8.
Menentukan dan
memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
B. Kompetensi Inti
- Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
C. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.
1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah,
tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca
|
3.1.1 Menentukan ciri umum teks deskripsi dari
segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2 Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek
kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3 Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang
dibaca/didengar.
|
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat
wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang
didengar dan dibaca.
|
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya)
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
|
D. Materi Pembelajaran
- Materi Pembelajaran Reguler
Materi Fakta
PESONA TARI PIRING
Tari Piring adalah tarian yang berasal dari Solok,
Sumatera Barat. Tari ini pada awalnya merupakan ritual ucapan rasa syukur
kepada dewa-dewa setelah panen raya. Tetapi setelah masuknya agama Islam, Tari
Piring sebagai sarana hiburan pada acara-acara tertentu.
Penari Piring berjumlah ganjil. Tarian ini
diiringi oleh alat musik Talempong dan Saluang. Talempong
adalah alat musik pukul tradisional Minangkabau yang terdiri dari beberapa gong
kecil yang memiliki ukuran dan nada yang berbeda. Sedangkan saluang adalah alat
musik tiup tradisional Minangkabau yang terbuat dari bambu atau talang.
Media utama dari tarian ini adalah piring. Selain
piring, penari juga mengenakan cincin yang digunakan untuk mengeluarkan irama
ketika didentingkan dengan piring. Ketika menari, penari mengayunkan piring
dengan gerakan yang cepat sesuai dengan irama yang dimainkan oleh talempong dan
saluang. Pada akhir tarian, piring akan dilemparkan ke udara hingga pecah, dan
kemudian penari menari di atas pecahan piring tersebut.
Sumber: Brainly.co.id
- https://brainly.co.id/tugas/1000650#readmore 

Materi konsep
Pengertian
Teks Deskripsi
Teks deskripsi adalah
sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan
secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada
pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang
sedang diungkapkan dalam teks tersebut.
Tujuan teks berbeda dengan teks negosiasi, dimana tujuan teks deskripsi sangat jelas yaitu agar
orang yang membaca teks ini seolah-olah sedang merasakan langsung apa yang
sedang di jelaskan dalam teks tersebut.
Ciri-ciri Teks Deskripsi
Ciri-ciri yang dimiliki
teks ini sangat jelas sehingga akan sangat mudah membedakan teks ini dengan
teks lainnya.
Berikut ini
ciri-cirinya:
·
Paragraf deskripsi menggambarkan sesuatu.
·
Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci
serta melibatkan kesan indera.
·
Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan
langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
·
Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk,
ukuran, warna, atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.
Struktur
Teks Deskripsi
![]() |
Kata Benda
Kata
benda dasar adalah suatu kata yang menunjukkan identitas asli atau nyata dari
suatu objek (benda) yang tidak dapat dijabarkan atau diuraikan lagi ke bentuk
yang lain. Contoh kata benda (nomina) adalah antara lain sebagai berikut :
a.
Lemari
b.
Radio
c.
Televisi
Bentukan
Kata Benda
Kata benda turunan adalah suatu
kata yang terbentuk berdasarkan dari proses pengimbuhan (afiksasi), baik itu
dengan kata maupun afiks. Adapun proses pembentukan dari kata benda turunan
yakni terdiri dari beberapa bentuk seperti antara lain sebagai berikut :
Contoh
verba + an adalah misalnya seperti : a. Minum + an = Minuman, Cuci + an =
Cucian, . Makan + an = Makanan, Jual + an = Jualan.
Contoh
(pe-) + verba adalah misalnya seperti : a. pe + kerja = Pekerja. b. pe + dagang
= Pedagang. c. pe + laut = Pelaut. d. pe + tambak = Petambak.
Contoh
(pe-) + adjektiva adalah misalnya seperti : a. pe + marah = Pemarah. b. pe +
malu = Pemalu. c. pe + dusta = Pendusta.
Contoh
(pe-) + nomina + (an-) adalah misalnya seperti : a. pe + rumah + an =
Perumahan. b. pe + kantor + an = Perkantoran. c. pe + gunung + an = Pegunungan.
Ciri-ciri Kata Benda
Dapat
diperluas dengan kata penghubung “yang” dan diikuti dengan "kata
sifat". Contohnya misalkan seperti : a. Sepeda yang cantik. b. Mobil yang
besar. c. Air yang dingin. d. Kunci yang kecil. e. Buku yang mahal.
Dapat
di ingkarkan dengan kata bukan. Contohnya misalkan seperti : a. Bukan saya. b.
Bukan kursi. c. Bukan meja. d. Bukan rumah. e. Bukan gedung. f. Bukan komputer.
Menduduki
suatu jabatan pada kalimat sebagai subjek (S) dan objek (O). Contohnya misalkan
seperti : a. Aisyah membeli sayur bening. b. Aisyah membeli bubur kacang hijau.
Materi Prosedur
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·
Pengertian teks deskripsi
·
Jenis teks deskripsi
·
Tujuan komunikasi teks deskripsi
·
Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·
Memetakan pengembangan isi
·
Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab
pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·
Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·
Pengertian teks deskripsi
·
Jenis teks deskripsi
·
Tujuan komunikasi teks deskripsi
·
Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·
Memetakan pengembangan isi
·
Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab
pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·
Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
·
Sikap utama yang ditumbuhkan: peduli, jujur berkarya,
tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Scientific Learning
2. Model Pembelajaran :
Discovery Learning
E. Media Pembelajaran
1. LCD Proyektor
2.
Laptop
3.
Bahan tayang
4.
Teks Deskripsi
5. Kata Benda dan Kata Sifat
F. Sumber Belajar
1. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.
2.
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:
Kemdikbud.
3.
Ekawati, Devitta. 2017.
Bahasa Indonesia. Jakarta: Yudhistira.
4.
Modul/Bahan Ajar
5.
Internet,
6. Sumber buku perpustakaan
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
LANGKAH
|
PEMBELAJARAN
|
DURASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Orientasi:
·
Melakukan Pembukaan dengan
salam pembuka dan doa untuk memulai pembelajaran.
·
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin.
·
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
·
Mengaitkan materi
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik.
·
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
·
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan diterima hari ini
·
Apabila materi ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menentukan ciri isi dan
tujuan teks deskripsi
2.
Mengidentifikasi ciri
objek, tujuan, dan isi teks
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan Pertanyaan
Pemberian Acuan:
·
Memberikan materi
pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi
dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
·
Pembagian Kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati:
·
Peserta didik mengamati
teks deskripsi berjudul “Perahu Lesung Suku Asmat”
·
Peserta didik mengamati
teks deskripsi berjudul “Monumen Nasional”
·
Peserta didik membaca teks
deskripsi tersebut
·
Peserta didik membaca cara
mengidentifikasi objek, tujuan, isi teks deksripsi
Menanya:
·
Peserta didik mendapat
stimulus agar dapat mengajukan pertanyaan tentang: Mengidentifikasi ciri
objek, tujuan, dan isi teks deskripsi yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk
Mengumpulkan data:
·
Peserta didik diminta
untuk mengumpulkan data informasi tentang mengidentifikasi ciri objek tujuan
dan isi teks “Perahu Lesung Suku Asmat” dan “Monumen Nasional”
·
Peserta didik diminta
untuk membuat daftar hal yang dideskripsikan dari teks “Perahu Lesung Suku
Asmat” dan “Monumen Nasional”
·
Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok tentang ciri teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan teks deskripsi
·
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok tentang ciri objek
yang dideskripsikan
·
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok Tentang tujuan
menciptakan teks deskripsi
·
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri isi
teks deskripsi
Mengasosiasikan:
·
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis.
·
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas tentang:
Mengidentifikasi, ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi teks “Perahu
Lesung Suku Asmat” dan “Monumen Nasional”
·
Menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan
tertulis tentang mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks
deskripsi “ dan “Monumen Nasional”
·
Menjawab pertanyaan untuk penilaian pengetahuan tentang ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi
|
60 Menit
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan tentang ciri
objek, tujuan, dan isi teks deskripsi
·
Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan
·
Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
|
10 Menit
|
LANGKAH
|
PEMBELAJARAN
|
DURASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Orientasi:
·
Melakukan Pembukaan dengan
salam pembuka dan doa untuk memulai pembelajaran.
·
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin.
·
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi:
·
Mengaitkan materi
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik.
·
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi:
·
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan diterima hari ini
·
Apabila materi ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat:
3.
Menentukan ciri isi dan
tujuan teks deskripsi
4.
Mengidentifikasi ciri
objek, tujuan, dan isi teks
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan Pertanyaan
Pemberian Acuan:
·
Memberikan materi
pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi
dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
·
Pembagian Kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati:
·
Peserta didik mengamati
teks deskripsi berjudul “Perahu Lesung Suku Asmat”
·
Peserta didik mengamati
teks deskripsi berjudul “Monumen Nasional”
·
Peserta didik membaca teks
deskripsi tersebut
·
Peserta didik membaca cara
mengidentifikasi objek, tujuan, isi teks deksripsi
Menanya:
·
Peserta didik mendapat
stimulus agar dapat mengajukan pertanyaan tentang: Mengidentifikasi ciri
objek, tujuan, dan isi teks deskripsi yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk
Mengumpulkan data:
·
Peserta didik diminta
untuk mengumpulkan data informasi tentang mengidentifikasi ciri objek tujuan
dan isi teks “Perahu Lesung Suku Asmat” dan “Monumen Nasional”
·
Peserta didik diminta
untuk membuat daftar hal yang dideskripsikan dari teks “Perahu Lesung Suku
Asmat” dan “Monumen Nasional”
·
Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok tentang ciri teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan teks deskripsi
·
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok tentang ciri objek
yang dideskripsikan
·
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok Tentang tujuan
menciptakan teks deskripsi
·
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri isi
teks deskripsi
Mengasosiasikan:
·
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis.
·
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas tentang:
Mengidentifikasi, ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi teks “Perahu
Lesung Suku Asmat” dan “Monumen Nasional”
·
Menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan
tertulis tentang mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks
deskripsi “ dan “Monumen Nasional”
·
Menjawab pertanyaan untuk penilaian pengetahuan tentang ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi
|
60 Menit
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan tentang ciri
objek, tujuan, dan isi teks deskripsi
·
Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan
·
Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
|
10 Menit
|
LANGKAH
|
PEMBELAJARAN
|
DURASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Orientasi:
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran
Apersepsi:
1.
Menentukan ciri isi dan
tujuan teks deskripsi
2.
Mengidentifikasi ciri objek,
tujuan, dan isi teks
Pemberian Acuan:
·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu
|
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati:
Menanya:
Misalnya:
sebutkan ciri-ciri teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa?
Mengumpulkan
Data:
|
Pendahuluan
- Mengucapkan
salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, mengabsen
siswa dan perkenalan.
- Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran ketika di SD
dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi dalam kehidupan
sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya teks deskripsi
dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam
komunikasi yang lain).Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat
praktis untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari,
berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri.
Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
- Dibuka dengan contoh teks deskripsi yang berupa nyanyian deskripsi
(Rayuan Pulau Kelapa).
- Bertanya jawab tentang kata kunci pada lagu dan hubungannya dengan
teks deskripsi.
- Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
- Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD
2
2. Kegiatan Inti
Bagian A dan B KD 3.1 dan 4.1
Pertemuan Pertama (6 JP)
- Membaca berbagai contoh teks deskripsi
- Menanya tentang ciri teks
deskripsi dan jenis teks deskripsi
- Menggali informasi
- Mendaftar informasi terkait
ciri tujuan, kebahasaan, dan jenis teks
- Membaca berbagai teori dari
berbagai sumber termasuk pada buku siswa
- Menalar
- Mendiskusikan ciri umum teks
deskripsi
- Menyimpulkan ciri teks
deskripsi dan jenis teks
- Mengomunikasikan
- Mempresentasikan hasil
diskusi
Pertemuan kedua ( 4 JP)
- Mengamati judul teks
- Menanya apa saja isi teks
dan bagaimana cara memahami
- Menggali informasi
· Membaca beberapa teks deskripsi
- Menalar
· Mendiskusikan isi teks
· Memetakan isi teks
· Membandingkan isi beberapa teks
· Menyimpulkan cara memahami isi teks
- Mengomunikasikan
· Menyajikan hasil pemahaman isi teks dan cara memahami
isi teks
3. Penutup
- Siswa
bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
- Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan
kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
- Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
- Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek
di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman
asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut.
Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab,
dan kejujuran dalam melakukan tugas.
- Siswa menerima penyampaian
tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan
Pengayaan
- Penilaian Pengetahuan
Teknik
: Tes
tulis
Bentuk
: Pilihan
ganda
Indikator Soal :
Disajikan teks deskripsi Ayah, Panutanku
Lingkarilah pada jawaban yang tepat!
1. Objek teks deskripsi bersifat … dengan ciri tertentu
yang berbeda dengan umumnya.
a. umum b. khusus
c.
pribadi
d. luas
2. Objek/Hal yang Dideskripsikan dalam teks tersebut
adalah ….
a. nama
ayahku
c. sifat ayahku
b. kehidupan ayah yang mengerikan
d. sosok
ayahku
3. Rincian teks “Ayah, Panutanku” adalah
a. ciri fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladan
b. nama, wajahnya, orang Batak
c. rambutnya, dagunya, jenggotnya
d. sabar, tidak pernah membentak, sangat pendiam
4. Hal yang menggambarkan objek dengan cara memerinci
objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang
penulis, merupakan … dari
a. manfaat teks
deskripsi
c. objek teks deskripsi
b. tujuan teks deskripsi
d. isi teks deskripsi
5. Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat
khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang
dideskripsikan bersifat pendapat personal, merupakan ciri ….
a. manfaat teks
deskripsi
c. objek teks deskripsi
b. tujuan teks
deskripsi
d. isi teks deskripsi
6. Teks yang diperinci menjadi perincian bagian-bagian
objek, menggambarkan secara konkret, dan bersifat personal dengan
kandungan emosi merupakan ….
a. manfaat teks
deskripsi
c. objek teks deskripsi
b. tujuan teks
deskripsi
d. isi teks deskripsi
7. Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan
menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi … dan teks deskripsi yang menjadi
bagian teks lain.
a. berdiri sendiri sebagai
teks
c. berupa kalimat
b. berupa
paragraph
d. berupa buku
8. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin
sore, melingkupi seluruh tubuh. Kalimat tersebut …
a. seakan dapat
dilihat
c. seakan dapat dirasakan
b. seakan dapat
didengar
d. seakan dapat diraba
9. Teks deskripsi menggunakan majas untuk menggambarkan/
melukiskan objek. Kalimat berikut yang bermajas adalah ….
a. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun.
b. Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang
sabar.
c. Beliau selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan
bermakna di wajahnya.
d. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.
10. Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa, kecuali ….
a. Menggunakan kata-kata umum
c.
Menggunakan kata sinonim
b. Menggunakan kalimat
rincian
d. Menggunakan majas
2. Penilaian Keterampilan
Teknik
: Produk
Instrumen :
Tugas
· Memetakan pengembangan isi
· Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab
pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
· Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
3. Pembelajaran Remedial
Aktivitas
kegiatan pembelajaran remedial dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan
perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu,
sarana dan media pembelajaran.
4. PembelajaranPengayaan
Kegiatan
pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik,
alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
F. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat : buku,
infokus
Bahan
: teks deskripsi
Sumber Belajar:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 1 s.d 12.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 33 s.d 39.
Komentar
Posting Komentar